Pembelian Stok Inventori

Pertama kali sebelum dapat melakukan penjualan, diperlukan langkah-langkah untuk mengisi stok inventori yang diperoleh dengan cara membeli dari distributor. Setelah membeli dari distributor, faktur pembelian itulah yang pada dasarnya kita masukkan pada menu pembelian inventori ini.

Adapun langkahnya sbb:

1. Login kedalam aplikasi dengan menggunakan user dengan wewenang Kasir (default: 003, password: qqqqqqqq).

 

 

3. Setelah berhasil login, klik menu: Transaksi --> Pembelian Inventori.

4. Pada window pembelian yang muncul, isikan fieldnya sebagai berikut sesuai gambar di bawah. Untuk berpindah ke field isian berikutnya dilakukan dengan menekan tombol Enter.

 

5. Untuk menyimpan transaksi dilakukan dengan menekan tombol ALT+S, atau bisa dengan mengisi field "Kode barang" dengan tanda "+" (plus) dilanjutkan dengan menekan tombol Enter.

 

6. Kemudian akan muncul jumlah pembayaran yang dilakukan oleh Kasir kepada Sales Distributor (tempat membeli barang). Setelah jumlah uang pembayaran (field: Bayar) diisi, dilanjutkan dengan menekan tombol Enter.

 

7. Setelah pembelian inventori dilakukan, untuk mengecek jumlah stok barang bisa dilakukan dengan cara login sebagai user dengan wewenang Inventori (user: 002).

 

8. Setelah login, klik menu: Entri --> Master dan Stok Inventori. Pada gambar di bawah terlihat stok inventori akan bertambah sesuai dengan pembelian yang dilakukan sebelumnya.

 

Setelah langkah pembelian inventori ini dilakukan, selanjutnya Anda sudah siap untuk melakukan kegiatan penjualan barang.

 

Klik disini untuk melanjutkan ke materi berikutnya.

 

Share